Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi saat fotocopy muncul hitam memanjang vertikal diatas kertas.



Copy Center di Sidareja
Memang ada lebih dari satu kemungkinan yang bisa terjadi bila hasil fotocopy kita terdapat garis hitam memanjang saat kita menggunakan kertas folio. Kebetulan untuk kertas folio/f4 saya taruh pada tray no 3. Kadang juga tidak hanya terjadi pada kertas folio. Pada kertas yang lain seperti A3 atau A4 juga muncul juga. Sementara kaca platen telah kita bersihkan dan kita pastikan tidak ada kotoran disitu. Tentunya bila muncul garis hitam tersebut pelanggan akan merasa tidak puas dengan hasil fotokopi dari mesin kita.

Pertama kali kita lihat masalah yang keluar tersebut, yang kita periksa adalah drum. Karena bila di terdapat kotor yang melingkar di drum bisa dipastikan hasil fotopy akan muncul garis hitam vertikal pada kertas. Selain garis hitam juga perlu kita cek juga apakah permukaan drum  tergores atau tidaknya. Cek juga bila ada kebocoran pada wiper blade, indikasi wiper blade yang bocor juga akan bisa mengakibatkan hasil fotocopy muncul garis hitam vertikal pada kertas.

Pada kaca yang dibawah laser kotor juga perlu kita cek, bila kotor silahkan bersihkan dulu agar hasil foto copy kembali bersih. Fungsi dari kaca yang dibawah laser sendiri berguna untuk memantulkan sinar laser itu sendiri ke drum. oleh karena itu penting sekali untuk kita bersihkan bila kaca yang dibawah laser itu sendiri menempel debu yang menyebabkan akan kotor.

Nah silahkan dicoba dulu untuk mengatasi masalah hasil fotocopy yang muncul garis hitam vertikal tersebut. Terima kasih .